Selasa, 27 November 2012

TUGAS FORMULIR UKM 2


BAB I : PENDAHULUAN
Kuatnya persaingan penjualan pada zaman sekarang membuat para pemilik tempat usaha khususnya tempat usaha restoran berlomba-lomba untuk meningkatkan pelayanan secara maksimal kepada para konsumen atau pembeli. Pelayanan ini bertujuan agar para konsumen atau pembeli merasa puas terhadap pelayanan yang diberikan oleh pemilik atau pengelola restoran , sehingga konsumen atau pembeli suatu saat nanti kembali untuk membeli makanan di restoran tersebut. Salah satu cara agar konsumen merasa puas dengan pelayanan restoran adalah dengan cara membuat bon kwitansi atau bukti transaksi yang dapat dibawa pulang oleh konsuman, agar konsumen dapat mengetahui apa saja yang telah dipesan. Dan selain itu pemilik restoran juga dapat mengetahui apa saja dan berapa banyak menu yang dipesan per hari.

BAB II : ISI ATAU PEMBAHASAN
Berikut ini saya akan menunjukan contoh bon kwitansi atau bukti transaksi pada salah satu restoran beserta penjelasannya.
Ini adalah contoh bon kwitansi atau bukti pembayaran yang akan diserahkan kepada konsumen atau pembeli untuk dibawa pulang , bon kwitansi ini umumnya berwarna putih.
Ini adalah contoh bon kwitansi atau bukti pembayaran yang akan disimpan oleh kasir untuk keperluan pembukuan transaksi , bon kwitansi ini umumnya berwarna merah muda.
Berikut ini adalah penjelasan dari isi bon kwitansi tersebut :
1.      karawang, 28-10-2012 , ini berfungsi untuk memberikan informasi bahwa tempat lokasi restoran tersebut berada di karawang dan transaksi terjadi pada tanggal 28-10-2012
2.      kepada Yth tuan... , berfungsi agar pengelola restoran mengetahui pesanan masakan yang berada didalam bon kwitansi dipesan oleh siapa.
3.      Nota kontan no. Berfungsi agar pengelola restoran mengetahui berapa bon kwitansi yang telah terisi dengan cara memberikan nomor pada setiap bon kwitansi.
4.      Banyaknya , berfungsi untuk memberikan informasi berapa banyak jumlah yang dipesan pada masing-masing menu masakan.
5.      Nama barang , berfungsi untuk memberikan informasi menu masakan apa yang dipesan oleh konsumen.
6.      Harga satuan , berfungsi untuk memberikan informasi berapa harga 1 porsi pada masing-masing menu masakan.
7.      Jumlah Rp. , berfungsi untuk memberikan informasi jumlah akumulasi harga yang harus dibayar oleh konsumen.
8.      Tanda terima , sebagai tanda bahwa konsumen telah menerima bon kwitansi dan telah menyelesaikan transaksi pembayaran. Ini ditandai dengan cara konsumen menandatangani tanda terima tersebut.
9.      Hormat kami , sebagai tanda terima kasih pengelola restoran kepada konsumen yang telah melakukan transaksi di restoran tersebut. Dan ditanda tangani oleh pengelola atau pelayan restoran.

BAB III : FLOWCHART ALUR JUAL-BELI
PENJELASAN ALUR JUAL-BELI :
1.      Customer atau konsumen datang ke restoran
2.      Customer atau konsumen memesan menu makanan yang tersedia di restoran tersebut
3.      kemudian dari bagian pemesanan akan memproses pesanan customer dengan cara memberi tahu ke bagian dapur masih dalam bentuk aplikasi / pesawat telepon
4.      kemudian bagian dapur akan mengecek menu yang di kirimkan oleh bagian pemesanan, apakah menu yang di pesan ada atau tidak, jika ada maka akan di proses jika tidak maka akan kembali ke bagian pemesanan
5.      setelah itu dari bagian pemesanan akan di proses ke bagian antar makanan masih dalam bentuk formulir , dan dari bagian pemesanan akan mengirimkan makanan tersebut ke customer dan membayar makanan tersebut
6.      dari bagian pengantar makanan akan memberikan catatan pesanan yang sudah di pesan oleh customer dan pengantar akan mengantar bon / nota yang harus di bayar oleh customer
7.      maka setelah makan customer harus membayar nota tersebut dalam bentuk nota 
8.      Dan jika semua tahap telah dilalui maka yang terakhir yaitu customer meninggalkan restoran.

BAB IV : KESIMPULAN DAN SARAN
Kesimpulan : bon kwitansi atau bukti pembayaran sangatlah penting ditempat-tempat usaha penjualan khususnya di restoran. Dengan adanya bukti pembayaran maka administrasi restoran akan lebih mudah atau terorganisir untuk di buat.
Saran : saran saya sebaiknya dibuat bon kwitansi lagi untuk bagian dapur dan bagian stock penyimpanan bahan baku masakan, agar pelayanan menjadi lebih mudah , efisien , dan maksimal.

BAB V : PENUTUP
Puji syukur saya ucapkan atas kehadirat ALLAH SWT yang telah memberikan saya kesehatan sampai saat ini sehingga saya dapat menyelesaikan tugas-tugas kuliah saya sampai saat ini. Dan saya juga ingin berterima kasih kepada RESTORAN DAN PEMANCINGAN MANG AJO yang telah bersedia memberikan contoh bon kwitansinya sehingga saya dapat menyelesaikan tugas kuliah saya pada kali ini. Sekian dari saya , jika ada kritik atau saran silahkan kirimkan ke saya. Wassalamualaikum.
referensi :
RESTORAN DAN PEMANCINGAN MANG AJO
chabuliciouz.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar